What do you think when you see Aurora for the first time ??

Jumat, 19 Desember 2008

PTN (Pusing!!!)


Ternyata waktu cepat berlalu. Gak terasa kita, penduduk Paimo Raya, sekarang sudah berada di pertengahan bulan Desember. Dan sebentar lagi kita akan melaksanakan Ujian Akhir Semester 1. Dan setelah ujian yang cukup melelahkan itu, kita langsung dihadapkan pada ujian masuk Perguruan Tinggi jalur PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan).

Untuk itu sekarang kita harus mempersiapkan benar-benar bila serius pada jalur yang satu ini. Karena untuk jalur khusus ini pihak Perguruan Tinggi akan melihat nilai-nilai rapor kita mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5. Dan rata-rata yang diminta dari semua nilai tersebut adalah 6,50. Nah, bagi kalian-kalian yang merasa punya nilai di bawah itu, harap banyak-banyak bersabar dan siapkan diri aja buat SNM-PTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).


PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia-ku ini memang sekolah lanjutan SMA yang masih dipercayai masyarakat Indonesia secara luas untuk melanjutkan pendidikan mereka setelah SMA. Walaupun sudah banyak Perguruan Tinggi Swasta yang gak kalah bagus bahkan jauh lebih bagus kualitasnya dengan PTN. Namun memang dalam hal biaya, PTN masih termasuk murah.

PTN memang menyediakan banyak jalur untuk calon-calon mahasiswanya. Saking banyaknya para calon mahasiswa ini bingung untuk ikut jalur mana. Tujuan mereka tentu saja adalah bisa masuk ke PTN pilihan mereka masing-masing sesuai jurusan yang mereka pilih dengan mudah dan murah. Buat para calon mahasiswa yang punya keistimewaan gak ada masalah. Yang pinter bisa ngambil beasiswa prestasi. Yang kurang mampu bisa ngambil beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu. Dan buat yang ortunya punya kelebihan di bidang materi bisa ngambil jalur kemitraan, di mana yang mampu bayar jauh lebih banyak dari harga standart itulah yang bisa masuk. Nah, bagi calon-calon mahasiswa yang pas-pasan gimana ? Pinter banget juga nggak, ortu juga nggak berduit. Duch… pusing!!!


Salah satu jalur yang popular dan digandrungi pelajar kelas 3 SMA adalah PMDK. Karena dengan jalur ini, kalau mereka memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak Perguruan Tinggi yang bersangkutan, maka mereka sudah pasti dan dijamin masuk ke Perguruan Tinggi tersebut tanpa ada tes tulis atau semacamnya, hanya menunggu daftar ulang. Tapi ya itu tadi.. Nilai-nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5 mereka harus bagus. Dan mestinya bisa dipertanggungjawabkan. Jadi bisa masuk dengan mudah, dan bisa lulus dengan mudah.


Cara masuk PTN lain yang hari-hari ini sering terdengar adalah melalui SNM PTN. Seleksi yang kabarnya tahun ini hanya dilaksanakan sehari, yaitu pada 2 Juli 2009, mengujikan materi akademik, tapi juga bidang studi prediktif. Tahun ini pun wilayah koordinasi SNM PTN diperluas. Tahun sebelumnya hanya ada 3 wilayah, pada tahun ini menjadi 4 wilayah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah calon-calon mahasiswanya.

Pusing juga ya ternyata mikirin masa depan kita, apalagi kalau ngomongin PTN. Bagi kalian-kalian yang belum pernah lihat ribuan orang berkumpul pada suatu tempat dan suatu waktu, inilah saat yang tepat untuk mewujudkan keinginan kamu. Karena tentu saja saat kalian mendaftar saingan kalian bukan hanya dari manusia-manusia dari daerah di sekitar tempat tinggal kalian, tapi banyak juga yang jauh-jauh datang dari wilayah Indonesia timur untuk menuntut ilmu di pulau Jawa yang sudah padat banget penduduknya.


Jadi, siap-siap aja!


Tidak ada komentar: